Tahu Pong Semarang

Satu lagi sajian kuliner khas Semarang

Dengar tahu pong, yang mengerti pasti langsung ngeh ini “Semarang”, bagi yang pertama kali dengar kata ini, mikirnya: “apa ini?”

Tahu Pong adalah nama makanan, bisa dikatakan khas, dari Semarang. Sejak kapan, dan mulai kapan ada, tidak jelas lagi. Penelusuran yang saya lakukan, mencari literatur dan referensi, semua menemui jalan buntu. Hanya hasil ‘interview’ jalanan sambil menyantap sang tahu pong, menemui jawaban bahwa tahu pong sudah luama sekali eksis di Semarang, sejak tahun 1930’an.

Kenapa disebut tahu pong?

Itu adalah kependekan dari kata tahu kopong. Dalam bahasa Jawa, kopong artinya kosong. Lha kok bisa tahu kosong? Inilah kenapa disebut tahu kopong.

tahu-pong
Tahu Pong

Tahu yang tengahnya kosong. Tahu ini sebenarnya tahu biasa, seperti tahu-tahu yang lain yang kita kenal. Bedanya, mungkin karena proses pembuatan yang sedikit berbeda, tingkat kepadatan akhir yang berbeda menyebabkan kopong begitu. Sewaktu mentah bentuknya juga sama seperti tahu biasa, tapi setelah digoreng, bagian tengahnya menyusut dan menjadi kopong seperti itu.

Berlawanan dengan tahu pong, ada yang namanya Tahu Emplek. Tahu emplek adalah tahu yang padat dan kenyal, sehingga walaupun digoreng, tekstur ke-tahu-annya masih padat dan kenyal, tidak menjadi kopong seperti saudaranya. Tahu emplek ini, keliatan jelas di foto, luarnya matang coklat keemasan yang mantap, tapi dalamnya masih padat, kenyal sekaligus lembut di lidah.

tahu-emplek
Tahu Emplek

Malam itu hujan turun sejak sore, membuat jalanan di kota Semarang basah merata dan hawa jauh lebih sejuk daripada biasanya. Menelusuri jalan-jalan di kota Semarang dengan brompit, berjaket, berhelm, bersama teman lama, betul-betul membawa balik kenangan masa kecil sewaktu sering diajak Papa beli tahu pong di Depok untuk dibawa pulang dan dinikmati bersama keluarga. Mampir ke warung yang sama sejak 20 tahun yang lalu, saya mendapati orang yang sudah berbeda, tampilan warung yang sudah berbeda pula.

tahu-pong-team
Tahu Pong Team

Tak menunggu terlalu lama, tahu komplit saya pesan, dan tak lupa jepret sana jepret sini. Ada tumpukan gimbal di dalam rak, ada juga bumbu petis yang legit nan gurih di situ. Sambil memperhatikan cara Tahu Pong Team menyiapkan sajian menggoda ini.

tumpukan-gimbal
Gimbal

Akhirnya selesailah pesanan saya tersaji manis di depan mata, lengkap dengan acar lobak, dan cabe mantap terpisah. Inilah menu Tahu Komplit, ada telor, ada tahu pong, ada tahu emplek dan gimbal udang….

tahu-set
Tahu Set

gimbal-yummy
Gimbal Yummy

Duh, ternyata malam itu saya cukup beruntung….serombongan pengamen memasuki tenda warung itu, di bawah gerimis yang masih turun, mereka mulai bernyanyi. Terkejut saya mendengar alunan suara merdu dan vokal yang mantap diiringi dengan musik lengkap. Perkusi, cello, biola dan gitar mengiringi lagu Stoney yang populer oleh Lobo, dan berturut-turut ada lagu Let It Be, dan beberapa lagu lain. Tak segan saya memberi Rp. 5000 untuk mereka, pengamen canggih bermodal layak, dengan alat musik yang tidak murah sama sekali, kualitas vokal yang luar biasa untuk ukuran pemusik jalanan. Special request saya Country Road dibawakan dengan apik sekali malam itu…..

Malam itu berlalu dengan kesan yang membekas dalam, 2 hal….tahu pong dan pemusik jalanan canggih…..

pengamen-canggih
Pengamen Canggih

Terima kasih sudah membaca lagi. Selamat mencoba resepnya, dan selamat mampir di Depok kalau lewat atau mampir Semarang ya….

Advertisements

18 Responses

  1. mau tanya ini foto tahu pong semarang yang dimana ya? bikin saya tambah ngileerrrr…..denger” tahu pong yang mereka jual beli dari pabrik lain alias tidak buat sendiri. apakah bisa dapat info dimana pabrik pembuatnya.

  2. pemasok tahu pong mentah di sekitar cibinong

  3. mau tanya pemasok tahu pong di sekitar cibinong ada tdk

  4. Wakakakakakka lhak balik tenan tho esuk2 wis mruput rene tenan aku hahahahahaaaaa…Gemez tenan karo Tahu ne ngawe2 tenan wakakakaaa

  5. Aku suka tahu isi..tahu kempong di sudet tengahnya di isi sayurna yg sdh ditumis lalu dilaur adonan tepung trs digoreng hmmmm gigitan luarnya kriuk dan menyentuh tengahnya gurih apalagi sambil di gigitkan cabe rawit hmmmmm……apapun jenis tahu aku suka banget deh pokok-e hahahahaa..tahu bacem..tahu pong..hamburger tahu dll hehehehe salam tahu pong yg msh anget yah hahahaaa

    • Lha iki kalap tenan, mengko pasti bolak balik riwa riwi sambil gawa tadah iler, ngeceeess…..mlayu sek ah….

  6. Pengamennya ganteng2 😀 aku naksir yg pakai jaket merah wakakakaaa…..aku kl makan gini ditemenin iringan lagu2nya mas pengamen juga mau tuh wakakakakakkaakka

  7. Taku Pong(Tahu kempong) itu nggorengnya lama..jadi bis agaring sampai tengahnya kopong ( mk disebuu ttahu pong) di dlm minyk pns yg bnyk ,tahu itu teruuus di osreng dibolak balik sampai kering heheheee…kl tahu di photo ke-2 itu nggorengnya tak selama tahu pong :D..alias di goreng sejenak saja biasanya dibumboni uyah bawang :D.sblm digoreng heheheee…kl tahu pong sblm digoreng tdk dibumboni opo2 melainkan setelah digoreng baru di ciprati /dicampur sm ulekan uyah plus bawang yg sdh di cmapur dng sedikit air hehehehe makan tahu pong pas isih anget2 enak hmmmmm apalagi kl sedang gerimis hahahahaa…..Simbahku dulu punya perusahaan Tahu ,,trs Simbah meninggal dunia akhirnya diteruskan sm Om ku ada 17 thn-an usaha tahu masih dirintis/diteruskan sm om..tp Om punya Penyakit Gembler hahaha akhirnya gulung tikar abis2an..serta om kluar dr kantor dmn dia kerja pula…trs skrng banting setir kerja lainnya..dan Peralatan /perlengkapan pembuatan tahu serta pabriknya masih dibiarkan mongkrok begitu saja ….hahaha….pdhl aku msh pengin menyantap tahu kempong gratisan dr te4 dia wakakakakaaaaa…Limbah tahu dl sering diprotes tetangga2nya juga wakakakaka

    • Wuits….penjelasan n komentar sing mantaaaaaffff….jelas-las..cetha wela-wela wis ngene iki….lha ayo kapan mudik….cepetan, soto, tahu pong, pecel, daftarmu tambah duowo tenan….hihihi…

  8. Josh,

    Gambar pertama tahunya kok ” koPong ” beneran ?
    (alias dakoe ga bisa buka …)

  9. Aku mupeng ama gimbalnya hehehe…kalo tahu pong dapet di asian grocery soalnya…kadang aku suka buat jadi tahu gejrot

  10. Mampir Pak, akhirnya dibuatkan rumah sendiri juga nich tulisan2nya…:-). Keep up a good work..

    • ND, hehehe….kaget aku, wonten tamu mampir warung tahu’ku….monggo sekecakaken lho…..suwun nggih….

  11. terus ya bikin aku ngiler… kapan aku isa ke Semarang yooo ???
    huaaa…
    Oh… Semarang, 5th aku sempat tinggal disana… nggak tahu kapan bisa mampir lagi, mungkin hanya untuk makan2 ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: