Gudeg Abimanyu Semarang

d/h Gudeg Mbok Buthak/Mbok Dul

Gudeg Abimanyu Semarang adalah salah satu kuliner kota kelahiran saya, salah satu kuliner kebangaan dan juga favorit saya sekeluarga 3 turunan…dari orangtua saya, saya sendiri dan istri dan juga sampai ke anak-anak juga doyan luar biasa. Kalau kami sekeluarga ke Semarang tidak akan pernah melewatkan untuk makan di situ…..

gudeg-kerecek-lengkap

Gudeg Abimanyu ternyata bersejarah cukup panjang, mungkin sekitar 8 dasawarsa sedikitnya. Mbok Buthak alias Mbok Dul lah yang pertama kali berjualan di pinggir jalan Hasanudin sekarang (dulu apa namanya ya?) di kisaran akhir tahun 1920’an, awal 1930’an…..kenapa dipanggil Mbok Buthak, ya karena memang rambutnya yang botak (konon menurut cerita sang cucu), dan seperti kebanyakan orang Jawa, sang istri dipanggil menurut nama suaminya….Pak Dul memiliki istri Mbok Dul demikian kira-kira…..

Berjualan di pinggir jalan Hasanudin sampai dengan tahun 1950’an membuat gudeg ramuan Mbok Dul menjadi kuliner favorit banyak warga Semarang….sajian yang mak nyus, tradisional dan menggerus lezat dan nikmat ujung syaraf perasa di lidah menjadikan gudeg Mbok Dul melegenda….

plang-namaPlang Nama Gudeg Abimanyu

Kira-kira tahun 50 – 60’an, Mbok Dul pindah dari pinggir jalan masuk ke dalam satu gang di Abimanyu VII. Dan di situlah nama Gudeg Abimanyu didapat dan di situlah gudeg legendaris ini terus membelai lidah para pelanggan setianya turun temurun.

Menurut cerita sang cucu, proses regenerasi tidak terlalu mulus, karena semua anak-anak Mbok Dul menolak meneruskan family heritage ini. Para anak Mbok Dul merasa mendapat mandat keluarga demikian dirasakan cukup berat tanggungjawabnya. Justru sang cucu’lah yang akhirnya memberanikan diri menyerap semua ilmu sang nenek dan memutuskan untuk melestarikan warisan kuliner keluarga ini.

Yuk ah, tidak usah menunggu terlalu lama mendengarkan dongengan saya…segera kita pesan sepiring gudeg kerecek lengkap…..

gudeg-kerecek-lengkapGudeg Kerecek Lengkap

Sajian gudeg di sini cukup unik dan mungkin berbeda dengan gudeg-gudeg di tempat lain. Di sini disajikan juga bersama dengan gudeg dan sambel goreng kerecek: kol, ebi bumbu pedas dengan cabe rawit utuh yang mak nyoooss, koyor (ini istilah di Semarang untuk urat/otot sapi), dan juga tahu putih dan sebagai finishing touch adalah siraman areh kental gurih nan nikmat…..bisa jadi di tempat lain ada yang sama, ada yang mirip atau bahkan lain lagi…..

gudeg-kerecek

gudeg-01

gudeg-02Berbagai Macam Gudeg

kerecek-mak-nyusKerecek Mak Nyus

gudegGudeg

kuah-oporKuah Opor

tahu-gudegTahu & Gudeg

telor-pindangTelor Pindang

ebi-bumbu-pedasEbi Bumbu Pedas

koyorKoyor

areh-uenakAreh Uenak

cucu-penerusCucu Penerus

Semoga berkenan menikmati sajian legendaris sedikitnya berusia tujuh dasawarsa ini…..terima kasih sudah membaca….

Advertisements

10 Responses

  1. salam kenal, boleh tahu nomer telponnya gudeg abimanyu??
    terimakasih…. ^.^ v

  2. Waw..ketemu lagi serba serbi soal GUDEG. Gudeg memang hanya punya satu nama thok, tetapi soal selera dan resep sangat beragam. Monggo, boleh lah ntar kalau singgah ke Jogja, bisa di ICIP-ICIP resep GUDEG RODA. Soalnya, gudeg yg satu ini adl resep kerabat nDalem Kraton yg go public, coz selama ini disimpan saja “diperpustakaan”. Padahal dulu kala menjadi menu favorit keluarga Kasultanan Yogya. Gudegnya memang lain dari yg lain, selera lidah Jakarta dan Surabaya yg kagak suka manis-manis banget tentu masuk. Gudegnya juga bunder kayak roda, unik dan aneh, tapi mak nyuss.
    salam gudeg !! :mrgreen:

  3. Thx Jc, sayangnya aku baru tahu kalo ada email ini hari ini. Jujur aku kangen banget sama temen2 kokier, paling tidak dengan membaca ini article jadi agak terobati. oh ya gudegnya bener2 mengundang selera. pasti uenaak tenan

    • Ning, ayo mampir sesekali ke sini, semoga bisa menuntaskan kekangenanmu akan Indonesia…sekelumit saja dari aku tulisan-tulisan di sini….suwun ya…

  4. kalo saya ngiler banget ama krecek dan telur pindangnya…maunya dibanyakin kreceknya..kenyil2 gitu dech..:-)

  5. bro, posisi tepat’e or ancer2nya sebelah mana?biar pas nengok ibu emrtua yo mampir (njujug kali ya) kesana 🙂

  6. suhu JC bikin ngeces aja nih…

  7. olala..kreceknya…n koyor (kok bilang koyor..yg dipikiranku kolor ya hehehehe)…duh uwenak banget keliatannya. JC kamu kebangetan deh posting nya foto makanan melulu!!!

  8. Josh…..itu gudeg sungguh bikin air liur menetes2 nih!! Gawat. Mau banget……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: